Penting! Begini Cara Menambahkan Pengalaman di Linkedin Agar Profil Anda Lebih Menarik

cara menambahkan pengalaman di linkedin

Seperti yang kita tahu bahwa Linkedin adalah salah satu platform atau jaringan profesional terbesar di dunia. Di mana Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk menemukan lowongan pekerjaan ataupun kesempatan magang, serta terhubung dengan banyak relasi dari seluruh penjuru dunia. Salah satu bagian yang paling penting di profil Linkedin adalah pengalaman. Tak heran kalau masih banyak orang yang mencari cara menambahkan pengalaman di Linkedin supaya profil terlihat lebih menarik.

Saat ingin mencantumkan pengalaman di Linkedin, nantinya Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari hal tersebut. Salah satunya yaitu sebagai sebuah sarana untuk mempromosikan diri. Oleh sebab itu, cara menambahkan pengalaman di Linkedin menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan.

Ketika ingin menambahkan pengalaman, terdapat beberapa hal yang harus dicantumkan, seperti jenis pekerjaan, posisi, lokasi, dan lainnya.

Cara Menambahkan Pengalaman di Linkedin

Cara menambah pengalaman di Linkedin sebenarnya cukup mudah. Anda dapat melakukannya melalui aplikasi yang ada di web ataupun HP. Berikut ini adalah beberapa cara menambahkan pengalaman di Linkedin.

  • Klik foto profil Anda di sudut kanan atas halaman utama LinkedIn Anda
  • Klik Lihat Profil atau Lihat Profil.
  • Klik Tambah Bagian Profil, klik Inti, lalu tarik ke bawah dan klik Tambah Lokasi.
  • Selanjutnya pada bagian Tambah Pengalaman, masukkan informasi pengalaman kerja Anda.
  • Klik Simpan dan pengalaman telah berhasil ditambahkan

Namun sebelum menambahkan pengalaman Anda di Linkedin, ada beberapa informasi yang bisa Anda lengkapi, diantaranya:

– Nama posisi ataupun jabatan

– Jenis pekerjaan. Mulai dari full time, part time, self-employed, internship, freelance, dan lainnya
– Nama perusahaan

Artikel Lainnya  30 Nama Font Instagram Aesthetic Untuk Nama dan Bio

– Lokasi kerja

– Jenis lokasi kerja. Bisa on site, hybrid, dan juga remote

– Tanggal mulai bekerja

– Jenis industri

– Deskripsi tentang pekerjaan yang Anda lakukan

– Profile headline

– Tambahkan dokumen, foto, dan lainnya.

Contoh Ringkasan Diri di Linkedin Bahasa Indonesia

Berikut ini adalah salah satu contoh ringkasan diri di Linkedin Bahasa Indonesia yang dapat menjadi referensi untuk Anda:

“Saya merupakan seorang Content Writer yang sudah berpengalaman selama 2 tahun dalam industri kreatif. Dengan latar belakang pendidikan di bidang Bahasa dan Sastra, saya telah mengasah kemampuan menulis untuk menciptakan sebuah konten yang menarik dan informatif. Selama berkarir di bidang kepenulisan, saya sudah bekerja dengan berbagai klien dan proyek, mulai dari konten website, artikel blog, sampai kampanye media sosial. Saya mempunyai keahlian dalam bidang penelitian yang mendalam untuk memastikan bahwa konten saya mempunyai nilai tambah serta menginspirasi audiens. Dengan komitmen saya terhadap kualitas serta kreativitas, maka saya berharap agar tetap terus menginspirasi melalui tulisan. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui Linkedin untuk berdiskusi lebih lanjut. Terima kasih.”

Untuk Anda yang belum memiliki pengalaman, Anda dapat menuliskan motto hidup ataupun hal-hal yang ingin dicapai di masa mendatang. Berikut ini adalah contoh motto profesional Linkedin untuk fresh graduate.

“Berani untuk belajar dan siap berkontribusi, memulai perjalanan profesional dengan semangat untuk terus belajar serta memberikan kontribusi positif di setiap langkahnya.”

Motto yang satu ini menekankan tentang pentingnya ketersediaan untuk terus belajar serta berkembang.

Cara Upload CV di Linkedin di HP

Berikut ini adalah cara upload CV di Linkedin di HP yang wajib Anda pahami, antara lain:

– Buka aplikasi Linkedin menggunakan akun atau profil Anda

Artikel Lainnya  Yuk, Menggunakan Jasa Komentar Youtube Agar Dapat Menambah Jumlah Pengunjung Channel

– Buka ‘menu profil’ kemudian klik bagian ‘edit profil

– Setelah itu klik ‘tambahkan bagian’, pilih CV dan upload CV Anda

– Jika CV sudah terunggah, maka Anda bisa klik ‘simpan’ atau ‘selesai’ di sudut layar

Cara Download CV dari Linkedin

Berikut ini adalah langkah-langkah dan cara download CV dari Linkedin yang perlu Anda pahami, diantara yaitu:

– Buka aplikasi Linkedin dan login menggunakan akun Anda

– Akses profil Anda dan klik bagian ‘tentang’ atau ‘about’

– Edit profil di bagian ‘tentang’, kemudian klik ‘edit profil’

– Setelah itu, klik bagian tombol ‘resume’ atau ‘download resume’

– Proses pengunduhan akan dimulai dan tunggu hingga file selesai di download

Kemudian, untuk Anda yang sedang mencari lowongan pekerjaan melalui aplikasi ini, ada beberapa cara mencari pekerjaan di Linkedin yang bisa dilakukan. Salah satunya yaitu dengan melakukan pencarian sesuai dengan kata kunci pekerjaan yang sedang Anda cari dan sesuai dengan keahlian Anda. Cukup pergi ke halaman pencarian dan filter sesuai dengan kriteria Anda.

Anda juga dapat menyaring hasil berdasarkan tanggal postingan, lokasi, jenis pekerjaan, tingkat pengalaman, dan lain sebagainya. Jika sudah menemukan pekerjaan yang sesuai dengan Anda, bisa langsung klik ‘lamar’ atau ‘mendaftar’. Selain itu, Linkedin juga mempunyai fitur ‘Job Alert’ yang akan memungkinkan Anda untuk menerima notifikasi saat pekerjaan baru yang sesuai dengan Anda diunggah.

Namun jika Anda menerima tawaran pekerjaan melalui Linkedin namun tidak sesuai dengan kriteria Anda, maka ada cara menolak tawaran kerja di Linkedin yang perlu diperhatikan. Pertama yaitu Anda harus apresiasi terlebih dulu melalui kontak langsung. Kemudian berikan penjelasan atau alasan mengapa Anda menolak tawaran tersebut, Anda dapat mengatakan bahwa Anda sudah mendapatkan tawaran lain yang sesuai dengan tujuan karir Anda. Sehingga pihak yang menawarkan pekerjaan tersebut akan merasa dihargai dan dihormati meskipun Anda menolak tawarannya.

Artikel Lainnya  Kelebihan Menggunakan Cara Komen Otomatis di Instagram dengan Jasa Komentar untuk Bisnis

Cara Membuat CV di Linkedin

Berikut ini adalah beberapa cara membuat CV di Linkedin yang bisa Anda lakukan, antara lain:

– Buka Linkedin Anda dan klik gambar profil di pojok kanan atas, lalu pilih opsi ‘profil’

– Di halaman profil Anda, klik bagian ‘edit public profile & URL’ kemudian isi informasi pribadi dengan benar

– Pada bagian ringkasan, Anda bisa menambahkan rangkuman tentang diri Anda, minat, kualifikasi, keahlian, dan tujuan karier

– Lalu pada bagian pengalaman kerja, bisa diisi tentang pekerjaan sebelumnya, begitu juga di kolom pendidikan, keterampilan, dan juga sertifikasi.

– Setelah semuanya terisi dengan benar, pastikan Anda menyimpan perubahan informasi tersebut

– Kemudian, Anda bisa mengunduh profil Linkedin dalam format PDF untuk digunakan sebagai CV

Cara Upload Sertifikat di Linkedin

– Klik pada bagian profil, scroll ke bawah dan pilih ‘tambahkan bagian’

– Diantara pilihan yang tersedia, Anda bisa pilih ‘sertifikat’

– Isi detail sertifikat seperti judul, penerbit, nomor lisensi, tanggal penerbitan, dan tanggal kadaluwarsa

– Unggah sertifikat dan simpan perubahan di halaman profil Anda

Cara Menghilangkan Open To Work di Linkedin

– Buka bagian profil Linkedin Anda dan klik bagian ‘tambahkan bagian’, lalu pilih opsi ‘open to work’

– Ubah status open to work dengan pilih tombol ‘ubah’ di sebelah kanan opsi tersebut

– Setelah itu akan ada pop-up yang muncul yakni ‘Siap’ dan ‘Tidak Siap’, jika Anda ingin menghapus status open to work, maka klik ‘Tidak Siap’

– Kemudian klik bagian ‘simpan’ untuk mengubah status tersebut.

Itulah beberapa informasi terkait bagaimana cara menambahkan pengalaman di Linkedin dan tips membuat bio linkedin yang menarik. Semoga bermanfaat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Layanan Kami
×

Mulai Percakapan

Halo! Klik Admin kami untuk chat langsung via Whatsapp.

×